Rabu, 28 November 2012

Otak Kiri dan Otak Kanan

http://3.bp.blogspot.com/_rmM5ZuQKGF8/TS7T--oLbnI/AAAAAAAAA1k/NQZKFrfW4p4/s400/otak%2Bkanan%2Bkiri%2Bwww.hidupmu.co.tv.jpg


Setiap manusia memiliki kemampuan berpikir yang berbeda. Hal itu salah satunya adalah dipengaruhi oleh perbedaan kemampuan otak kanan dan otak kiri. Misalkan si A pandai melukis, tapi kurang pandai berhitung. Dan si B pandai berbahasa, sedangkan dalam berpikir rasional dia lemah. Dan itu membuktikan, kemampuan otak kanan dan kiri mereka berbeda-beda. Sangat unik bukan?



Otak manusia secara sederhana dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Masing-masing mempunyai peranan yang berbeda. Otak kanan cenderung mempunyai kemampuan dalam bidang imajinasi.
Misalkan saja adalah kemampuan dalam hal bentuk (rupa), intuisi, empati, lagu musik, warna warni, heuristis, simbol, gambar, konsep, figur dan khayalan. Otak kanan juga berfungsi sebagai penyimpan ingatan jangka panjang (long term memory).



Sedangkan otak kiri cenderung memiliki kemampuan dalam hal rasionalisme. Misalkan saja bahasa, verbal, matematika, logika, angka (numerikal), urutan, penilaian, analisis, detail, literal, ketepatan, dan linier. Selain itu, otak kiri berfungsi untuk menyimpan ingatan jangka pendek (short term memory).


Dari penjelasan di atas, sekarang sobat bisa mengira-ngira, otak sobat bagian mana yang lebih maju. Anda pasti sering mendengar otak manusia terbagi jadi dua bagian, otak kanan dan kiri. Namun, tahukah Anda apa perbedaan antara kedua bagian otak ini?

Banyak orang menggambarkan otak kiri berhubungan dengan kemampuan matematika dan otak kanan berhubungan dengan kreativitas. Kedua bagian otak ini memiliki tugas-tugas yang sangat berbeda. Untuk memastikan, Roger Sperry meneliti otak lebih lanjut.

Kedua bagian otak bekerja secara terpisah. Kedua bagian otak ini mengkomunikasi informasi melalui corpus callosum tebal yang menghubungkan mereka. Otak kanan mengontrol otot di sisi kiri tubuh dan otak kiri mengontrol otot di sisi kanan tubuh. Ketika Anda mengedipkan mata kanan, otak kiri Anda sedang bekerja. Karena criss-cross wiring, kerusakan di salah satu sisi otak mempengaruhi sisi tubuh yang berlawanan.

Umumnya, otak kiri dominan dalam bahasa guna memroses apa yang Anda dengar dan menangani banyak tugas berbicara. Selain itu, bagian ini juga bertugas melogika dan komputasi matematika pasti. Jika Anda ingin mengingat, otak kiri akan mencarinya. Otak kanan bertugas di kemampuan spasial guna mengenali wajah dan musik. Dalam matematika, otak kanan hanya mengestimasi dan membandingkan saja. Otak kanan membantu Anda memahami gambar visual. Dalam bahasa, bagian ini mengintepretasikan konteks dan nada seseorang.

Namun sebenarnya, perbedaan otak kanan dan kiri jauh lebih kompleks dari kiri lawan kanan. Otak dengan hati-hati menyeimbangkan dan menugaskan fungsi tertentu masing-masing bagian otak. Kebanyakan orang dominan tangan kanan, hal ini diatur otak kiri.

"Asimetri otak sangat penting agar fungsi otak berjalan benar," kata profesor University College London Stephen Wilson. Hal ini, lanjutnya, memungkinkan dua sisi otak dikhususkan, meningkatkan kapasitas pemrosesan dan menghindari situasi konflik kedua sisi otak saling mengambil alih tugas

Sumber : Unikdoang