Senin, 11 Oktober 2010

Teladan dari Remaja London

Tauladan Remaja London
10 0ktober

1 dari 1 Kompasianer menilai Bermanfaat.

Mejelang Ramadhan tahun ini ada kabar baik dari London-Inggris tentang kehidupan sekelompok remaja Muslim yang tergabung dalam The South Wimbledon Muslim Girls Youth Group . Yang menarik dari kelompok ini adalah soal rencana mereka untuk mengadakan roadshow Ramadhan di beberapa pusat kota seperti Morde Road dan Wimbledon. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi kepada public tentang bulan Ramadhan. Demikian berita menarik ini di muat harian Republika hari ini.

Ini merupakan kabar baik dan sekaligus dapat ditiru para remaja Muslim di tanah air. Banyak sekali kegiatan positif yang bisa dilakukan dalam rangka menyambut Ramadhan. Misalnya ya seperti yang dilakukan para remaja di London itu. Mereka memperkenalkan Ramadhan tidak saja tentang keharusan melaksanakan puasa dan manfaatnya, bahkan mereka juga memperkenalkan masakan khas Ramadhan dan bidang-bidang kesenian dalam Islam termasuk seni lukis. Adapun untuk mendanai kegiatannya, mereka menggandeng Dewan Kota setempat sebagai sponsornya.
Kegiatan tersebut tentu lebih bermakna ketimbang harus merazia tempat-tempat hiburan, restoran, hingga warung-warung kecil agar mereka tidak melakukan aktifitas selama Ramadhan, terutama di siang hari. Meskipun kegiatan ini bertujuan untuk menghormati bulan Ramadhan, tidakkah sebaiknya kita juga menghormati mereka yang melakukan kegiatannya sendiri, apalagi kalau mereka itu non Muslim, tentu saja mereka tetap harus bergerak mencari nafkah termasuk dengan cara tetap membuka restoran atau warung makan mereka. Terutama bagi usaha warung-warung kecil, bagaimana mungkin kita melarang mereka berjualan, sedangkan itu merupakan satu-satunya sumber nafkah untuk keluarganya. Ada baiknya kalau mereka tetap dibiarkan menjalankan usahanya, toh tidak semua orang itu harus berpuasa di bulan Ramadhan ini, termasuk umat Islam sendiri karena sedang ada uzur ( bagi kaum perempuan yang sedang menstruasi, misalnya ) atau sebab-sebab lain.
Sudah saatnya umat Islam untuk meningkatkan kualitas ibadah puasanya, termasuk tidak tergoda dengan orang lain yang menikmati makan-minumnya di siang hari. Biarkan saja mereka begitu. Toh mereka bukan Muslim atau kalaupun Muslim toh mereka sedang ada uzur. Jadi tak usah cengeng lah kita yang sedang puasa dengan cara meminta-minta orang lain agar ikutan tidak makan-minum di siang hari, apalagi sampai juga melarang mereka untuk menjalankan bisnis halalnya.

0 komentar:

Posting Komentar